5 Kutipan Inspiratif dari Kesuksesannya Steve Jobs

Oleh:   Diwaanjeaye Diwaanjeaye   |   10:29:00 AM
5 Kutipan Inspiratif dari Steve Jobs - Pasti kalian sudah tau dong jika kalian telah membaca di kutipan sebelumnya "5 Fakta Unik di Balik Kesuksesannya Apple" tentang seorang inspiratif Steve Jobs ini. Steve Jobs adalah seorang entrepreneur, inventor, co-founder, chairman, dan CEO dari perusahaan Apple Inc. Perusahaan yang telah dikenal world class ini dulunya namanya adalah Apple Computer Inc. yang seiring perkembangan waktunya mereka tidak hanya ingin fokus di bidang komputer saja, tetapi perusahaan tersebut juga mengembangkan iphone, ipod, dll. Sehingga menjadi perusahaan Apple Inc.

Steve Jobs
Deskripsi singkat kembali mengenai Steve Paul atau yang sering di sapa Steve Jobs ini lahir di San Fransisco, California, Amerika Serikat. Pada tanggal 24 Februari 1955. Dia adalah pendiri dari perusahaan Apple Inc. bersama kawannya Steve Wozniak, dan yang lainnya, dia yang menciptakan Apple I bersama teman temannya pula. Steve Jobs adalah seorang yang sangat inspiratif bahkan dia tidak hanya terlibat dalam satu perusahaan terbesar di dunia Apple Inc. tetapi dia juga terlibat di perusahaan Pixar Animation Studios dan The Walt Disney Company.

Kalian pernah tidak menonton film animasi sepert "Toy Story" . Nama Steve Jobs ini pun turut di sertakan di film Toy Story ini, sebagai Produser Eksekutif dalam film tahun 1995 itu. Jika kalian menonton hingga bagian akhir dari film tersebut pasti ada nama nama orang yang terlibat dalam pembuatan film tersebut bukan, kalau kalian menontonnya coba kalian lihat deh ada nama Steve Jobs disana yang dicantumkan sebagai Produser Eksekutif loh. Hanya kita saja yang tidak menyadarinya pasti haha. Pada akhir tahun 70-an Steve Jobs beserta kawan kawan merancang, membuat, serta mengembangkan dan memasarkan salah satu produk dari perusahaan Apple Inc. ini yaitu Apple II.

Pada awal tahun 80-an Steve Jobs lah termasuk salah satu orang yang pertama kali melihat potensi dari antarmuka pengguna graifs yang dulu digerakkan Parc Xerox ( Sekarang lebih dikenal dengan GUI ) yang kemudian memberikan Steve Jobs motivasi sehingga bisa mendorong pembuatan Macintosh, Macintosh ini tentu hadir sebelum adanya Windows loh sob. Nah dibalik kisah perjuangan hidup Steve Jobs itu ada banyak kutipan inspiratif dari seorang Steve Jobs ini yang sering diucapkan saat pertemuan atau hal lainnya. Untuk lebih lengkapnya liat dibawah aja ini sob.

1. Quality is More Important Than Quantity


Dalam satu waktu Steve Jobs pernah bilang "Quality is more important than quantity. One home run is much better than two doubles." hal ini yang bermaksud bahwa kualitas itu lebih penting dibandingkan kuantitas, Steve tentu sangat memerlukan kualitas di dalam produk Apple dia tidak ingin harga murah tetapi kualitas tidak ada. Dia hanya ingin memberikan kualitas yang bagus sekali dengan harga yang sesuai, kita tau kan produk Apple ini sangat mahal karena mereka sangat mementingkan kualitas produknya dibanding kuantitasnya ( cepat rusak , jelek , dll ). Diibaratkan sebagai pemain baseball dimana kualitas satu pukulan penuh yang bisa membuat home run itu sangatlah penting, dibandingkan dia hanya memukul dan hanya bisa two doubles atau berlari ke sudut 2 dalam permainan baseball. Pasti kalian ngerti lahh hehe.

2. Try to Give The Best


Steve pernah bilang "If I try my best and fail, well i've tried my best" Jika ini diartikan ke dalam bahasa indonesia yakni "Jika aku telah mencoba yang terbaik tapi gagal, Setidaknya , aku telah memberikan yang terbaik" Hal ini memaksudkan kepada kita agar termotivasi dengan hidup, jangan kalau sukses kita senang dan disaat gagal kita menyerah syukuri itu semua sob, usaha itu nomor satu sementara sukses atau engganya itu belakangan setidaknya kita pernah berusaha mencapai kesuksesan itu sob. Jangan setelah kita gagal malah menyerah, Jobs bisa sampai saat ini karena dia tidak pernah menyerah, dia pernah gagal setiap orang pasti pernah gagal tetapi dia tidak pernah takut untuk mencoba kembali karena bagi dia yang penting kita sudah memberikan yang terbaik dan kesuksesan adalah gagal yang tertunda sob tentunya.

3. Getting Fired from Apple

Kutipan ketika Steve Jobs dipecat perusahaan Apple

Pada akhir tahun 1984 penurunan penjualan terjadi di seluruh industry termasuk Apple salah satunya, sehingga mengakibatkan PHK besar besaran didalam perusahaan tersebut. Namun ternyata yang terkena dampaknya itu salah satunya Steve Jobs sang pendiri sekaligus penemu dari perusahaan Apple itu sendiri, sehingga pada tahun yang sama steve membuat perusahaan bernama NeXT Computer, seperti Apple Lisa teknologi yang ia gunakan sangatlah maju seperti Komputer Pribadi yang diliputi monitor, keyboard, dll jaman sekarang ini, bahkan bisa dibilang NeXT inilah yang menemukan WWW atau World Wide Web karena mereka juga banyak mengembangkan produk seperti NeXTcube dan perangkat lunak seperti NeXTMail dan NeXTSTEP sehingga membuat harga pasarannya sangatlah mahal sekali dan ujung ujungnya perusahaan tersebut hanya dapat menjual 50.000 mesin di pasaran. Hingga pada suatu hari perusahaan Apple pun mengetahui teknologi tersebut yang dimiliki oleh perusahaan NeXT dan membelinya sehingga Steve Jobs pun kembali masuk kedalam perusahaan Apple itu lagi. Sampai sampai steve membuat kutipan
I didn't see it then, but it turned out that getting fired from Apple was the best thing that could have ever happened to me. The heaviness of being successful was replaced by the lightness of being a beginner again, less sure about everything. It freed me to enter one of the most creative periods of my life.
 atau jika diartikan akan seperti ini
Aku tidak melihatnya, tapi ternyata dipecat dari Apple adalah hal terbaik yang bisa pernah terjadi pada saya. Beban berat sebagai orang sukses tergantikan oleh keleluasaan sebagai pemula, segala sesuatunya lebih. Hal itu mengantarkan saya untuk memasuki salah satu periode paling kreatif dalam hidup saya.
Jika kita lihat memang setelah Steve dikeluarkan dari perusahaannya sendiri dan memulainya kembali pada perusahaan NeXT Computer, namun dia tidak patah semangat malahan disaat seperti itu malah membuatnya mengalami masa masa kreatifnya seperti pada saat dulu ia membuat produk Apple I pertama kali, dia berhasil menciptakan teknologi bahkan yang Apple sendiri tidak memilikinya dan sampai sampai teknologi di NeXT Computer tersebut dibeli kembali oleh Apple dan membuat Jobs menjadi bagian dari perusahaan Apple kembali. Jadi intinya , disaat diatas kita akan berusaha mempertahankannya tetapi ketika dibawah jangan menyerah melainkan jadikan motivasi dirimu untuk menjadi kembali sukses.

4.  Don't Waste Your Time


Steve Jobs hanya berumur sampai 56 tahun, dia pernah bilang "Your time is limited so don't waste it living someone else's life" Waktumu itu terbatas, jadi janganlah pernah menyianyiakan hudupmu untuk kehidupan orang lain. Maksudnya itu seperti ini hidup itu ga lama sob, suatu saat semua manusia pasti akan mati :) jadi jangan buang buang waktu untuk menanggapi hal lain yang tidak diperuntukkan untuk kamu, tetapi gunakanlah waktumu yang sesingkat ini untuk berinovasi dan berinspirasi agar kelak kamu bisa menciptakan sesuatu yang berguna dimasa yang akan datang. Diumur Steve yang mencapai 56 tahun pada 2011 lalu dia telah menunjukkan bahwa dia tidak pernah menyia-nyiakan waktunya selama hidup untuk hal yang tidak berguna, melainkan dia berhasil membangun Apple dan produk produk lainnya sehingga bisa menginspirasi dunia serta memudahkan mereka untuk menggunakannya.

5. Stay Hungry, Stay Foolish


Stay Hungry, Stay Foolish
Ini adalah kata penutupan dari Steve Jobs saat berada di upacara kelulusan Universitas Stanford tahun 2005 lalu. Kata ini berartikan " Tetaplah lapar, Tetaplah bodoh " tetapi maknanya bukan itu loh sob, dikutip dari katalog Amerika yang berjudulkan Whole Earth Catalog pada edisi tahun 74. Arti sebenarnya dari kutipan kata tersebut adalah "Jangan pernah sekali merasa puas, dorong terus diri anda untuk mencapai apa yang kalian inginkan, dan lakukanlah hal hal yang semua orang bilang tidak bisa dilakukan". Jadi untuk mencapai kesuksesan itu tidaklah mudah, tentunya kita jangan pernah menyerah dan jangan merasa puas, karena jika kita sekali saja merasa puas. Maka disaat itulah kita akan jatuh, terus dorong diri kalian untuk mencapai yang menurut orang orang itu gila dilakukan dan tidak mungkin ada. Siapa tahu selepas kalian berusaha dengan sungguh sungguh insyaallah bisa tercapai, 

Seperti Pesawat, dulu orang berpikir bahwa gila bila manusia itu bisa terbang karena manusia hidupnya didarat bukan diudara. Tapi hal itu tentu dibuktikan oleh Orville Wright dan Wilbur Wright atau yang sering disapa Wright bersaudara ini membuktikan kepada dunia bahwa manusia itu bisa terbang dengan adanya pesawat. Mungkin orang orang dulu berpikiran bahwa mereka gila, akan tetapi karena kegilaannya mereka itulah hal tersebut menjadi nyata, tidak luput dari kerja keras serta ketekunan mereka akhirnya mereka bisa membuktikan dengan membuat pesawat yang bisa digunakan manusia untuk terbang diudara.

Nah, gitu sob jadi hidup itu harus selalu berusaha sob biar kesampean tuh sukses haha, jangan pernah menyerah. Buatlah hal yang tidak pernah dipikirkan oleh orang lain , buatlah sesuatu yang akan boom di publik dan berguna tentunya di masa depan, jangan merasa puas setelah apa yang telah kita perbuat karena manusia ini tidak ada yang sempurna. Semoga artikel ini menginspirasi sob :)

Tampilkan Komentar