5 Fakta Unik di Balik Kesuksesannya Apple

Oleh:   Diwaanjeaye Diwaanjeaye   |   6:03:00 AM
5 Fakta Unik di Balik Kesuksesannya Apple - Kalau bicara soal Apple siapa yang tidak kenal sih dengan produk Apple saat ini ? Yap, perusahaan Apple Inc yang dibangun oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne telah memperoleh kesuksesan di era yang modern ini dikarenakan produk produk yang dikeluarkan oleh perusahaan Apple Inc ini. Entah itu Komputer, Laptop, Smartphone, ataupun Smartwatch itu tidak pernah abal abal alias sudah tidak diragukan lagi kualitasnya ini semua karena pihak Apple Inc tidak pernah ingin mengeluarkan produk yang murahan ( mungkin ) bagi mereka harga mahal tidak pernah membohongi kualitas produk. Hal ini bisa kita lihat dari harga Gadget atau Smartphone keluaran Apple Inc ini bisa mencapai 10 juta keatas untuk harga di pasaran Indonesia, sementara produk Smartphone dengan merk lain misal : Asus, Smartfren, dll itu bisa kita beli dengan budget dibawah 1 juta hingga 1 juta keatas. Berbeda jauh bukan ? Perusahaan Apple Inc itu menjual barang berkualitas, kalau saya bilang sih spesifikasinya itu MID - HIGH jadi menengah keatas. Walaupun mahal tetap kok banyak yang membeli produk mereka karena terjamin kualitasnya, tapi dibalik kesuksesannya mereka itu apakah kalian tau bahwa ada beberapa fakta unik yang kalian tidak ketahui ?

Kantor Apple Inc.
Deskripsi singkat mengenani perusahaan Apple Inc. didirikan pada 1 April 1976 dan diresmikan namanya menjadi Apple Computer Inc. pada  3 Januari 1977. Namun pada 9 Januari 2007 perusahaan ini menghapus kata "Computer" dari nama perusahaannya karena mereka ingin fokus terhadap perkembangan teknologi saat ini ( Saat diluncurkannya Iphone ) Sehingga menjadi perusahaan Apple Inc.

Steve Jobs dan Steve Wozniak sudah berkawan sejak lama, Bahkan siapa sangka ternyata 2 orang tersebut bisa membuat perusahaan Apple Inc. sampai sebesar saat ini, tidak luput dengan bantuan temannya lagi yaitu Ronald Wayne, kemudian mereka bertigalah yang mulai pertama kali memproduksi produk produk Apple tersebut. Dimulai dari komputer pertama yang mereka buat yaitu Apple I mempunyai kode bootstrap pada ROM-nya yang membuatnya lebih mudah ketika dihidupkan. Komputer ini memiliki beberapa kelebihan, salah satunya itu bisa menggunakan TV sebagai monitor kita dimana dulu banyak komputer yang tidak memiliki monitor sama sekali. Itu merupakan satu keunggulan Apple dulu, sekarang ? Zaman pun sudah modern bahkan jam saja yang kita tau hanya bisa menunjukkan waktu ( dulu ) bukan hanya menunjukkan waktu saja sekarang bahkan bisa untuk mendengarkan musik , ataupun hal lainnya jam ini bisa disebut dengan Smartwatch. Jadi, sudah tau belum fakta unik di balik kesuksesannya perusahaan Apple ? Jika belum simak dulu dibawah ini gan ( anak kaskus ceritanya ) haha.

1. Perbedaan Umur Antara Jobs dan Wozniak

Steve Jobs and Wozniak


Kalian tau kan Steve Jobs dan Wozniak itu sudah bersahabatan sejak lama, akan tetapi kalian tau persis tidak mereka bertemu kapan ? Antara Steve Jobs dan Wozniak itu pada saat bertemu umur mereka jauh bisa dibilang sih gak seumuran. Berawal dari seorang teman yang memperkenalkan Wozniak yang pada saat itu berusia 21 tahun kepada Jobs yang masih berusia 16 tahun pada 1971. Perbandingan umur mereka itu 5 tahun sob dan Jobs masih berusia muda kalau di Indonesia sih dibilangnya masih remaja ane aja nih masih 16 tahun ._. et siapa yang nanya haha, terbayang gak sih dibenak kalian itu bahwa Jobs disaat usia semuda itu sudah bisa berinspirasi dan berbagi pikiran dengan Wozniak yang istilahnya udah dewasa ? Hingga Jobs akhirnya-pun berhasil membujuk Wozniak untuk membuat komputer dan menjualnya.

2. Wozniak Dulunya Seorang Hacker

Steve Wozniak


Sekarang sukses, dulunya hacker ? Siapa sangka seorang Wozniak ternyata dulunya seorang Hacker Elektronik. Ya, Wozniak dulu itu bekerja di perusahaan Hwelett-Packard yang lebih kita kenal dengan merk HP. Dulu Wozniak memiliki computer time pada jenis minicomputer yang di-host oleh Call Computer atau sebuah perusahaan time sharing hingga akhirnya dia berhasil melakukan hal hal iseng yang mungkin bagi dia hobi dari rasa keinginan tahunya pada saat itu seperti menelpon bebas tanpa biaya seperti telepon umum, mungkin sekarang telepon umum sudah tidak pernah digunakan karena rata rata orang menggunakan Handphone saat ini. Tetapi bagi Wozniak itu merupakan suatu kesenangan karena ia berhasil melakukannya dulu.

3. Mencuri Hasil Karya Orang Lain

Design Xerox PARC yang di steal Steve Jobs

Siapa sangka dibalik kejayaannya Apple ternyata mereka pernah mencuri ide atau gagasan dari perusahaan lain, di era kejayaannya Apple pertama kali mereka bisa berhasil karena bisa membuat tampilan GUI atau interface yang bisa dijalankan dengan mouse sebagai kursornya. Tapi siapa sangka ternyata hal seperti itu bukanlah ide dari pihak Apple sendiri melainkan itu adalah ide dari perusahaan Xerox. Jadi suatu hari Steve Jobs dan kawan kawan melakukan kunjungan ke sebuah perusahaan Xerox. disana entah bagaimana dia menggunakan silat lidahnya sehingga mereka bisa melihat secara langsung tampilan design GUI itu sendiri, hingga akhirnya mereka bisa mendapatkan ide yang sama dan membuat tampilan berbasis interface atau biasa disebut GUI sehingga di era tersebut lah Apple meraih kejayaannya pertama kali.

4. Kegagalan Apple III

Apple III

Kalian tau tidak, bahwa dulu perusahaan Apple Inc ini pernah memiliki produk gagal atau yg bisa disebut sebagai Apple III ini ? Apple III ini dahulu dikembangkan oleh perusahaan tersebut untuk menarik kembali pembelinya yang telah diambil alih oleh IBM yang bekerja sama dengan Microsoft di pasaran. Tapi kenyataannya hal tersebut gagal dilakukan, hanya karena perusahaan Apple dituntut untuk mengikuti permintaan Steve Jobs pada saat itu yaitu dengan menghilangkan Fan di Apple III karena tidak elegan dilihatnya bagi dia dulu, namun hanya karena melaksanakan keinginannya Jobs tersebut sehingga membuat Apple III sering overheating dan menjadi produk gagal di pasaran bahkan ditarik kembali dari pasaran. Biarpun selepas itu Apple III sudah diperbaiki atas kesalahan sebelumnya tetap saja Apple III gagal di pasaran karena mengingat gambaran yang buruk karena overheatingnya dulu yang tidak ada fan itu loh wahahah nekat juga ya bisa dibilang Steve Jobs itu.

5. Menjual Kalkulator Demi Apple

Hp-65 Kalkulator


Dahulu ketike Steve Jobs beserta kawan kawan mendapat pesanan pertama mereka, mereka berusaha mati matian mencari modal loh untuk memproduksi barang agar kemudian bisa dijual ke konsumen Apple. Steve Jobs sampai menjual mobil volkswagen dan Wozniak sampai menjual kalkulator ilmiah miliknya agar bisa mendapatkan modal untuk memproduksi pesanan pertama tersebut HP-65 seharga $500. Pada saat itu, kalkulator sama mahalnya loh sob dengan laptop di jaman sekarang, jadi jangan remehkan kalkulator sob haha. Intinya sih kesuksesannya itu tidak datang begitu saja, mereka juga butuh pengorbanan sob.

Dunia terus berkembang sob sama seperti handphone yang zaman dulu bentuknya sangatlah besar dan hanya bisa diperuntukkan sebagai media sms dan telepon saja, seiring perkembangan zaman ke era modern handphone-pun bisa diisi aplikasi berbasis java. Bahkan saat ini sudah hadir yang namanya Smartphone yang rata rata memiliki OS berbasis Android serta bisa diisi berbagai macam aplikasi seperti game ataupun social media. Zaman sudah canggih bukan ? Tapi dengan hadirnya kecanggihan ini tentunya membuat kita jangan sampai terlena akan kecanggihan hingga menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya ataupun sampai seharian penuh menggunakannya tanpa henti. Jika kalian seperti itu , berhentilah sejak sekarang karena hal tersebut tidak ada gunanya kalau menurut saya pribadi. Bahkan hanya akan berdampak buruk bagi mata dan diri kita ( lupa waktu beribadah ) tentulah sangat rugi jika kita meninggalkan hal seperti beribadah hanya untuk buang buang waktu bermain gadget.

Tetapi kita tetap harus mengetahui batas penggunaan wajarnya dengan tidak memakai gadget seperti itu dengan berlebihan sob, gitu aja sob info dari saya semoga bermanfaat ya :)

Tampilkan Komentar